Thursday, June 12, 2014

Mengenal Arwana Ikan Purba yang Cantik dan Unik

Mengenal Arwana Ikan Purba yang Cantik dan Unik - Arwana adalah merupakan ikan langka dari Indonesia yang habitat aslinya di kalimantan dan juga Papua. Arwana, termasuk dalam kelompok ikan primitif yang berevolusi lebih dari 10 juta tahun. Arwana memiliki bentuk tubuh yang unik dan khas, berpenampilan gagah dan garang. Keindahan arwana terlihat dari sungut pada mulutnya dan sisik yang besar tersusun dengan pola yang rapi. Arwana sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias aquarium karena pergerakannya yang lambat, sehingga dapat dinikmati dengan nyaman kesempurnaan bentuk tubuh dan warnanya yang anggun.

Arwana adalah ikan bertulang yang hidup di air tawar dari keluarga Osteoglossidae. Arwana juga dikenal sebagai bonytongues. Arwana adalah jenis ikan purba yang hidup sampai saat ini. Di berbagai daerah, arwana memiliki nama yang berbeda-beda, yaitu ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.

Arwana adalah ikan purba yang hidup di air tawar yang tersebar di seluruh dunia, habitatnya tersebar mulai dari Afrika, Asia Tenggara, Australia hingga Amerika Selatan. Arwana diperkirakan telah ada sejak 220 juta tahun yang lalu.

Mengenal Arwana Ikan Purba yang Cantik dan Unik
wikipedia common
Di Asia, arwana yang terkenal adalah Siluk Merah, yaitu salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara dengan ciri-ciri:
  1. badannya panjang
  2. sirip dubur terletak jauh di belakang badan
  3. warna tubuh keperak-perakan
  4. Bentuk tubuhnya hampir mirip dengan naga
Julukan lain arwana asia yang terkenal adalah Ikan Naga yang acap kali dihubungkan dengan mitos naga dariChina.

Jenis-jenis ikan arwana asia antara lain:
  1. Warna hijau ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
  2. Warna emas dengan ekor merah maupun tanpa, ditemukan di Indonesia
  3. Warna merah ditemukan di Indonesia
Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.

No comments:

Post a Comment