Monday, September 8, 2014

10 Tanaman Warung Hidup yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

10 Tanaman Warung Hidup yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah - Warung hidup adalah jenis tanaman kebutuhan rumah tangga yang mudah sekali ditanam di mana saja. Budidaya warung hidup memiliki banyak manfaat, yaitu misalnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan dapat dijadikan tambahan penghasilan serta untuk menghias dan menghijaukan halaman rumah.

Berikut ini 10 Tanaman Warung Hidup yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah yang bisa dijadikan kegiatan pengisi waktu luang sore hari setelah selesai melakukan kegiatan rutin setiap hari:

10 Tanaman Warung Hidup yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

  1. Cabe. Tanaman cabe sangat mudah tumbuh di mana saja, di tanah, pot, plastik, karung bekas, kaleng bekas, dan lain-lain. Cabe sangat cocok di tanam di halaman rumah karena semua rumah tangga pasti membutuhkan kehadiran cabe sebagai bumbu masak.
  2. Terong. Sebagai tanaman sayuran, terong sangat digemari. Pengolahan terong biasanya dalam bentuk sambel terong, lodeh, dan tumis.
  3. Tomat. Salah satu buah dan sayuran yang tidak pernah tertinggal dalam menu masakan sehari-hari adalah tomat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh. Meskipun harganya murah, menanam tomat tetap saja memberikan keuntungan sebagai penyedia kebutuhan keluarga.
  4. Kemangi. Tanaman yang memiliki bau khas ini biasanya digunakan sebagai lalapan teman lele goreng atau ikan goreng lainnya. Bagi sebagian orang kemangi tidak disukai, namun bagi mereka yang gemar, jika tidak ada kemangi sebagai lalapn, makan akan terasa kurang sedap.
  5. Pare. Aneh memang, tanaman ini buahnya rasanya pahit, namun tetap saja banyak orang yang menyukainya sebagai sayuran yang memiliki cita rasa khas.
  6. Caisin. Sayuran hijau ini biasanya digunakan untuk campuran me ayam atau bakso, sehingga permintaan pasar sangat tinggi. Kita bisa menanamnya di halaman rumah untuk dijual ke pasar sebagai penambah penghasilan keluarga.
  7. Sawi. Sama dengan caisin, sawi juga sangat mudah dibudidayakan. Dengan umur panen yang relatif pendek, menanam sawi dapat mendatangkan keuntungan dengan cepat.
  8. Timun. Mentimun juga merupakan buah yang sering digunakan sebagai lalapan. Timun juga biasanya digunakan sebagai bahan pembuat acar dengan campuran wortel. Selain dapat digunakan sebagai lalapan, timun juga diyakini berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  9. Kacang panjang. Tanaman ini memiliki buah yang lumayan mahal harganya. Kacang panjang merupakan jenis tanaman merambat, sehingga dalam budidayanya harus dibantu dengan tiang penyangga.
  10. Pisang. Buah pencuci mulut setelah makan ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki cita rasa lezat dengan tekstur yang lunak dan lembut, pisang diyakini memiliki segudang manfaat, seperti kandungan megnesiumnya yang sangat banyak.

No comments:

Post a Comment