Saturday, November 15, 2014

Mengenal Murai Batu sebagai Burung Unggulan Saat Ini

forumbudidaya.blogspot.com - Mengenal Murai Batu sebagai Burung Unggulan Saat Ini - Kucica hutan (Copsychus malabaricus), juga dikenal sebagai Murai batu merupakan burung pengicau yang keadaanya terancam akibat perburuan. Termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Kucica Alis-putih (Copsychus malabaricus stricklandii) sebagai spesies tersendiri.

Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Badan berukuran 14-17 cm.

Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

Mengenal Murai Batu sebagai Burung Unggulan Saat Ini

Murai Batu adalah Burung Asli Indonesia, yang memiliki postur tubuh yang cukup besar dan memiliki ekor yang sangat panjang dan menarik, apalagi burung Kicau Murai Batu tersebut memiliki suara yang sanggat keras dan amat merdu untuk di dengar.

Berikut ini data ilmiah burung murai batu:
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Passeriformes
Family: Muscicapidae
Genus: Copsychus
Species: C. malabaricus
Binomial name: Copsychus malabaricus
Synonyms: Kittacincla macrura dan Cittocincla macrura

Jangan lupa baca juga:

No comments:

Post a Comment