Tuesday, September 9, 2014

Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas

Forum Budidaya - Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas - Pinggiran jalan desa biasanya hanya ditanami tanaman pagar yang kurang memiliki nilai ekonomis. Memang dengan tanaman pagar, pinggiran jalan akan terlihat hijau, sejuk, dan indah, namun hanya sebatas itu.

Lain halnya jika pinggiran jalan desa kita menfaatkan untuk budidaya cabe menggunakan karung bekas. Selain fungsinya sama dengan tanaman pagar, menanam cabe di pinggiran jalan desa juga dapat memberikan keuntungan ganda, yaitu sebagai penyedia kebutuhan dapur dan dapat menambah penghasilan keluarga.

Cara Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas sangatlah mudah, syaratnya adalah kemauan.

Baca juga:
Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Cabe

Hanya kemauan! Mengapa hanya kemauan saja syaratnya? Karena semua kebutuhan untuk budidaya cabe ini bisa kita ambil dari rumah kita, seperti contohnya:

Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas
  1. Bibit cabe. Kita bisa menyemai sendiri dengan memanfaatkan cabe di dapur yang telah masak yang ditandai dengan warna merah.
  2. Media tanam berupa tanah pekarangan dan pupuk kandang bisa kita dapatkan dari limbah ternak ayam, itik, kambing, ataupun sapi yang banyak tersedia di lingkungan pedesaan, atau bahkan di rumah kita sandiri.
  3. Karung bekas sebagai tempat budidaya juga sangat mudah didapatkan. Biasanya orang desa memiliki karung bekas. Kalaupun harus membeli harganya juga sangat murah.
Dengan 3 hal  tersebut di atas tentu saja sudah cukup untuk memulai mananm cabe di pinggiran jalan desa. Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas juga memiliki fungsi edukatif. Kita bisa mengajarkan anak-anak kita untuk mencintai alam dan belajar bercocok tanam.

Simak juga:
Budidaya Cabe Organik dalam Karung Hobi yang Menguntungkan

Demikian Pemanfaatan Pinggiran Jalan Desa untuk Budidaya Cabe Menggunakan Karung Bekas, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment